TUGAS 4


Pengertian pemasaran


Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.

Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

 Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.       

Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.

Alasan mengapa pemasaran sering di sebut sebagai permintaan

            Menurut saya, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Didalamnya terdapat produsen dan konsumen, dimana produsen ada karena adanya suatu konsumen. Secara tidak langsung pemasaran disebut permintaan karena manusia merupakan salah satu makhluk sosial yang memiliki suatu kebutuhan ataupun suatu keinginan. Atau suatu keadaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
            Tidak semua orang bisa memenuhi segala kebutuhannya dengan sendiri, karena kita merupakan makhluk sosial. Sehingga terjadinya suatu permintaan kepada orang lain untuk memenuhi suatu kebutuhan yang belum kita penuhi. Permintaan itu juga dapat terjadi melalui suatu proses transaksi pertukaran ataupun penjualan barang. Suatu konsumen yang mengajukan permintaan kepada produsen dengan imbalan atau alat tukar seperti uang. Contohnya, saat kita ingin membeli celana jeans  kita tidak bisa membuatnya, tentu kita membutuhkan orang lain yang bisa mambuat celana tersebut. Akhirnya muncul lah suatu permintaan seseorang kepada orang yang lainnya untuk memenuhi kebutuhannya dengan memberi imbalan seperti uang atau dengan kesepakatan tertentu  antara pembeli dan penjual, yang sering kita jumpai di pasar dengan sebutan transaksi atau suatu pemasaran.


Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran

KONSEP  INTI  PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

KEBUTUHAN
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.  Manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
Contoh: 
§ Standar kebutuhan dan keinginan berdasarkan kondisi lingkungan, aktivitas harian, tuntutan pekerjaan/profesi dan sebagainya. Bagi sebagian orang, motor sudah merupakan kebutuhan. Untuk bisa menunjang aktifitasnya yang banyak di luar rumah dan sering bepergian, maka motor adalah alat transportasi yang menjadi kebutuhan.
§ Makan adalah kebutuhan yang tidak terelakan. Makanan memiliki fungsi utama sebagai sumber energi untuk tubuh.
§ Berpakaian adalah kebutuhan kita agar terlindung dari cuaca. Seperti pada musim dingin kita memakai pakaian tebal seperti jaket  atau pada musim panas memakai pakaian tipis seperti kaos.
§ Tempat tinngal juga menjadi sebuah kebutuhan, karena tempat tinngal merupakan tempat dimana kita berlindung. Seperti saat hujan, terik matahari, dan saat malam hari kita tidur kita perlu rumah untuk berlindung dari hewan, hujan dan sebagainya.

KEINGINAN
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam Bentuk kebutuhan manusia dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.

Contoh :
§  Misalkan kita memiliki sebuah motor atau mobil, tetapi seringkali kita punya keinginan untuk menambah berbagai macam aksesories motor, bukan untuk menambah kenyamanan atau keamanan berkendara, tapi hanya sekedar mempercantik penampilannya saja.
§  Atau saat kita sudah memiliki rumah/tempat tinggal tapi kita masih membeli vas bunga atau pajangan dinding untuk mempercantik rumah itu juga merupakan salah satu keinginan.

§  Manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut terhgantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya. Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll. 

SUMBER:
http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/



Nama                   :         Yusrina Dirayati
NPM                   :          29213627
Kelas                   :         1EB03

Komentar

Postingan Populer