TUGAS 4
Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah suatu
sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan
keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Peranan
pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan
konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan
kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran
adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan
harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara
efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang
prisip kepuasan pelanggan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran
merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke
tangan konsumen.
Pengertian
Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran
yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk
menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
Alasan mengapa
pemasaran sering di sebut sebagai permintaan
Menurut saya, karena pemasaran
merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan
dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan
manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.
Didalamnya terdapat produsen dan konsumen, dimana produsen ada karena adanya
suatu konsumen. Secara tidak langsung pemasaran disebut permintaan karena
manusia merupakan salah satu makhluk sosial yang memiliki suatu kebutuhan
ataupun suatu keinginan. Atau suatu keadaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap
sesuatu.
Tidak semua orang bisa memenuhi
segala kebutuhannya dengan sendiri, karena kita merupakan makhluk sosial.
Sehingga terjadinya suatu permintaan
kepada orang lain untuk memenuhi suatu kebutuhan yang belum kita penuhi.
Permintaan itu juga dapat terjadi melalui suatu proses transaksi pertukaran
ataupun penjualan barang. Suatu konsumen yang mengajukan permintaan kepada
produsen dengan imbalan atau alat tukar seperti uang. Contohnya, saat kita
ingin membeli celana jeans kita tidak
bisa membuatnya, tentu kita membutuhkan orang lain yang bisa mambuat celana
tersebut. Akhirnya muncul lah suatu permintaan seseorang kepada orang yang lainnya
untuk memenuhi kebutuhannya dengan memberi imbalan seperti uang atau dengan
kesepakatan tertentu antara pembeli dan
penjual, yang sering kita jumpai di pasar dengan sebutan transaksi atau suatu pemasaran.
Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
KONSEP INTI
PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:
kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan;
pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat
membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu
keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
KEBUTUHAN
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya
ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang
kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman,
aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan
berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan tersebut.
Contoh:
§ Standar kebutuhan
dan keinginan berdasarkan kondisi lingkungan, aktivitas harian, tuntutan
pekerjaan/profesi dan sebagainya. Bagi sebagian orang, motor sudah merupakan
kebutuhan. Untuk bisa menunjang aktifitasnya yang banyak di luar rumah dan
sering bepergian, maka motor adalah alat transportasi yang menjadi kebutuhan.
§ Makan adalah kebutuhan yang tidak terelakan.
Makanan memiliki fungsi utama sebagai sumber energi
untuk tubuh.
§ Berpakaian adalah kebutuhan kita
agar terlindung dari cuaca. Seperti pada musim dingin kita memakai pakaian
tebal seperti jaket atau pada musim
panas memakai pakaian tipis seperti kaos.
§ Tempat tinngal juga menjadi sebuah
kebutuhan, karena tempat tinngal merupakan tempat dimana kita berlindung.
Seperti saat hujan, terik matahari, dan saat malam hari kita tidur kita perlu
rumah untuk berlindung dari hewan, hujan dan sebagainya.
KEINGINAN
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan
pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam Bentuk kebutuhan manusia dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan
mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik.
Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada
keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang
bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus
keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.
Contoh :
§ Misalkan
kita memiliki sebuah motor atau mobil, tetapi seringkali kita punya keinginan
untuk menambah berbagai macam aksesories motor, bukan untuk menambah kenyamanan
atau keamanan berkendara, tapi hanya sekedar mempercantik penampilannya saja.
§ Atau
saat kita sudah memiliki rumah/tempat tinggal tapi kita masih membeli vas bunga
atau pajangan dinding untuk mempercantik rumah itu juga merupakan salah satu
keinginan.
§ Manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut
terhgantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya. Orang Yogya akan memenuhi
kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya
dengan makanan sukayaki dll.
SUMBER:
http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
SUMBER:
http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
Nama : Yusrina Dirayati
NPM : 29213627
Kelas : 1EB03

Komentar
Posting Komentar