"Menyusun Strategi Pemasaran Yang Efektif"
Kali ini saya akan membahas cara menyusun strategi pemasaran yang efektif, pada dasarnya komunikasi tentu sangat diperluan di setiap
kehidupan manusia, termasuk dalam berbisnis. anda bisa meggunakan komunikasi untuk menjalin hubungan baik antara
penjual dan pembeli. Komunikasi yang baik akan menghasilkan
kualitas kegiatan bisnis yang baik pula. Demikian juga dengan
komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan suatu produk dalam
usaha anda.
Komunikasi pemasaran dipelajari untuk membangun
komunikasi antara penjual kepada pembeli agar mereka mau membeli produk yang anda pasarkan.
Kemampuan ini sangat diperlukan oleh para marketing untuk menarik konsumen dengan
baik. Meski banyak keuntungan, tidak semua lini bisnis menguasai komunikasi
pemasaran, anda akan mendapatkan keuntungan lebih jika mau belajar komunikasi pemasaran.
Sebagai sarana untuk menawarkan suatu barang kepada
calon konsumen, komunikasi pemasaran juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk
yang akan dijual. Bahkan bisa menjadi sarana bertukar pendapat dan memberikan
kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan produk tersebut. Jika anda ingin
meningkatkan penjualan melalui komunikasi pemasaran, sebaiknya ikuti strategi pemasaran
berikut ini :
Komunikasi pemasaran akan menghubungkan anda dengan
pembeli atau calon pembeli. Jika anda ingin produk anda cepat laku maka berkomunikasilah
secara intens dengan pembeli. Bisa dilakukan
secara rutin jika pembeli anda sudah berlangganan, atau melakukan komunikasi di
berbagai awal waktu untuk mendapatkan perhatian calon pembeli.
Menurut pengamatan saya terdapat 3 sarana yang
sering digunakan untuk mendapatkan konsumen. diperkuat dari buku yang saya baca "Purnama, C. M. Lingga. 2002. Strategic Marketing Plan. Penerbit Gramedia: Jakarta. " . Tiga sarana tersebut diantaranya
adalah :
Face to Face
Jenis ini merupakan komunikasi langsung antara penjual
dan pembeli. Keduanya bertemu langsung dan menjalin komunikasi, memperkenalkan
produk dan menawarkan kepada calon konsumen. Komunikasi jenis ini kurang diminati
karena memiliki kendala waktu dan biaya yang tidak sedikit.
· Media cetak
Melalui media cetak anda akan mempermudah melakukan
komunikasi pemasaran produk. Anda bisa memanfaatkan brosur, surat kabar, koran, majalah, spanduk
dan stiker sebagai sarana promosi komunikasi pemasaran konsumen kepada anda. Cara ini
membutuhkan modal untuk menggunakan media cetak. Dikenal pula dengan istilah
periklanan.
· Internet
Saat ini internet menjadi salah satu sarana komunikasi
pemasaran yang sangat besar. Para pembisnis lebih memilih cara ini, karena informasi yang
diberikan bisa setiap saat 24 jam dan harganya yang relatif murah. Bahkan melalui internet
interaksi penjual dan pembeli bisa dilakukan dengan lebih cepat dan jarak jauh dengan
harga terjangkau.
Agar komunikasi pemasaran anda terlaksana dengan baik,
fokuslah pada fungsi dari komunikasi pemasaran itu sendiri. Berbagai fungsi dari
komunikasi pemasaran diantaranya adalah:
*Menginformasikan
kepada konsumen tentang suatu
produk yang di jual seperti bagaimana, apa dan mengapa mereka harus
membeli produk tersebut.
*Memperkenalkan
cit atau nama perusahaan pada konsumen dengan cepat dan
tepat .
Selain 3 sarana tersebut kita juga harus Menentukan Tujuan Komunikasi yang benar.
Tentukan tujuan komunikasi pemasaran, karena hal ini sangat
diperlukan agar komunikasi pemasaran dapat berlangsung dengan baik dan bisa diterima
oleh konsumen.
Berdasarkan model hirarki pengaruh, Rossiter dan Percy mengindentifikasi
empat kemungkinan tujuan komunikasi pemasaran diantaranya adalah :
1.
Kebutuhan
kategori, Penentuan produk atau jasa untuk mengalihkan atau memuaskan perbedaan anggapan antara
motivasi onal dan keadaan emosional yang diharapkan.
2.
Keadaan merek,
yaitu kemampuan mengidentifikasi merek dengan kategori yang
rinci agar melakukan pembelian.
3.
Sikap merek,
dapat mengevaluasi merek dengan memperhatikan anggapan terhadap
kebutuhan saat ini. Kebutuhan merek relevan bisa berorientasi
negatif atau berorientasi positif (gratifikasi indra, stimulasi
intelektual, atau persetujuan social).
4.
Maksud pembelian
merek, yaitu intruksi mandiri untuk membeli merk atau mengambil tindakan
yang berhubungan dengan pembelian. Bisa dalam bentuk
tawaran kupon atau penawaran dua atau satu.
Sumber :
Purnama, C. M. Lingga. 2002. Strategic Marketing Plan. Penerbit Gramedia: Jakarta
Komentar
Posting Komentar