"Dampak Nilai Tukar Uang Terhadap Perekonomian Indonesia"

Dampak Nilai Tukar Uang Terhadap Perekonomian Indonesia


Dampak Nilai Tukar Uang terhadapnya perekonomian Indonesia " sebelum membahas lebih dalam mengenai dampak-dampak yang menjadi perbincangan hebat oleh pakar ekonomi , saya akan menjelaskan sedikit tentang kurs ( nilai tukar uang ).        

" Perbedaan nilai tukar mata uang suatu Negara (kurs) pada prinsipnya ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran mata uang tersebut (Santoso, 2007)."        

Fluktuasi nilai tukar sekarang, bagi sebagian orang dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya krisis ekonomi di Indonesia.        Kenapa? karena,Ketidakstabilan nilai tukar ini mempengaruhi arus modal atau investasi dan perdagangan internasional.     

Saya akan memberikan sedikit alasan mengenai statement diatas,Indonesia sebagai negara yang banyak mengimpor bahan baku industri mengalami dampak dari ketidakstabilan kurs ini, yang dapat dilihat dari melonjaknya biaya produksi sehinga menyebabkan harga barang-barang milik Indonesia mengalami kenaikan.

Bukan hanya itu saja, terjadinya naik turun nilai tukar menjadi sesuatu yang biasa terjadi. Ini disebabkan karena pada dasarnya, kurs mata uang yang mengedepankan atau berdasarkan pada kondisi kekuatan pasar, biasanya memang selalu berubah setiap saat pada setiap kali terjadi perubahan kurs mata uang yang ada pada salah satu negera yang berubah juga.  

Dalam hal ini, kondisi kurs mata uang menjadi sangat berharga jika kemudian permintaan lebih besar dibanding dengan pasokan yang ada.   Pada kondisi lain, nilai kurs mata uang kemudian bisa menjadi menurun atau berkurang jika permintaan pun mengalami kekurangan dari suplai yang ada saat itu.

Dari sini kemudian bisa dipahami bahwa, jika memang terjadi kenaikan permintaan terhadap mata uang itu adalah hal yang baik. Kenapa saya katakan seperti itu?   
Karena,Hal tersebut menandakan terjadinya peningkatan permintaan untuk transaksi uang. Paling tidak, terjadinya peningkatan permintaan uang yang bersifat spekulatif di lihat dari kondisi yang ada.

Banyak contoh yang bisa kita ambil dari dampak ketidakstabilan nilai tukar rupiah, buka. Hanya dari segi produksi barang, penjualan ataupun ekspor-impor.       

Di Indonesia, anda pasti tahu bahwasanya masalah mengenai nilai tukar rupiah ini juga berdampak pada Bank Indonesia. Masalah kurs mata uang ini menjadi semacam masalah yang menjadikan Bank Indonesia mengalami sedikit kesulitan, terutama sekali dalam hal melakukan penyesuaian pada pasokan uang. Kenapa? karena, masalah nilai tukar rupiah ini tidak mampu untuk mengakomodir pada perubahan permintaan uang tersebut.          

Saya akan jelaskan secara rinci mengenai statement diatas bahwasanya dalam hal melakukan penangananan pada permintaan uang pada jenis yang bertujuan spekulatif, maka bank sentral sejatinya mengalami sedikit kesulitan dalam hal mengakomodasinya. Meski demikian, tetap saja akan diupayakan dan selalu dicoba dalam hal penyesuaian tingkat suku bunga pada kurs mata uang.

Sebenarnya hanya bertujuan agar investor bisa mendapatkan kembali pilihan hingga mereka mau memutuskan untuk kembali membeli mata uangnya jika memang suku bunga cukup tinggi. Namun pada kondisi lain, masalah berikutnya adalah makin tingginya satu negara menaikkan suku  bunga pada kurs mata uang, hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan untuk mata uang yang denga sendirinya akan pula semakin membesar.      

Perlu kita ketahui bahwasanya kaitannya dengan masalah kurs mata uang, pada perlakuan tindakan spekulasi terhadap realitas mata uang seperti ini,dan pada akhirnya akan berkaitan bahkan bisa menghambat pertumbuhan perekonomian yang ada pada sebuah negara bersangkutan.   

Sementara itu, para pelaku spekulasi ini akan terus melakukan usaha agar kurs mata uang dibuat ada di dalam bawah tekanan terhadap mata uang. Hal ini dilakukan agar dalam rangka melakukan pemaksaan supaya bank sentral bisa menjual mata uangnya agar bisa menjaga terjadianya stabilitas pada kurs mata uang.

Nah, jika kemudian ini terjadi, maka yang biasa dilakukan oleh para spekulan adalah berusaha agar dapat kembali membeli mata uang tersebut dari bank tertentu, tentunya dengan dengan harga beli yang jauh lebih rendah atau paling tidak harga yang bisa memberikan harapan. Dengan cara inilah, mereka bisa mengambil keuntungan dari masalah ini.           

Tapi, apa yg akan didapatkan oleh Indonesia setelah negara yg bersangkutan mengalami Krisis Financial?
Maka, Indonesia juga akan mengalami krisis Financial, seperti yang dialami Indonesia pada saat ini.
Indonesia sedang harap-harap cemas. Karena, negara Amerika sedang mengalami penurunan nilai tukar Dollar. Indonesia adalah negara yang berpangku tangan dengan Negara Amerika.    

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai " dampak ketidakstabilan nilai tukar rupiah pada perekonomian Indonesia " . Mudah-mudahkan pendapat yang saya jadikan sebagai argument saya mampu memberikan pandangan lurus untuk kita semua, agar mampu meminimalisirkan uang yg beredar dengan tidak hidup bermewah-mewahan. 


Komentar

Postingan Populer