"PEMASARAN VS PENJUALAN"

PEMASARAN VS PENJUALAN (MARKETING VS SELLING)

Dalam dunia bisnis sekarang terutama di Indonesia banyak sekali terjadi kerancuan antara marketing dan selling. Yang mana salah satu penyebab hal tersebut karena banyaknya persepsi negatif atas tenaga penjual yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan perusahaan – perusahaan pada waktu mencari tenaga penjual mengalami kesulitan sehingga mereka menggunakan istilah lainnya seperti account manager, executive manager atau nama lainnya yang menyebabkan kerancuan semakin besar.

Sepintas mungkin tidak ada perbedaan yang berarti antara tenaga pemasaran dan tenaga penjualan atau  bahasa jawa-nya Marketing dan Sales.  Karena itu saya mencoba membagikan pengalaman saya mengenai hal ini dan semoga anda semua semakin jelas mengenai perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan.

Berdasarkan berbagai sumber plus pengertian saya  maka pemasaran adalah aktifitas memasarkan sebuah produk ataupun jasa sehingga produk / jasa tersebut dikenal oleh pasar. Yang mana aktifitas tersebut melingkupi 7P .

Sedangkan penjualan merupakan aktifitas penjualan yang dilakukan dimana aktifitas tersebut menglingkupi teknik, taktik, seni hubungan dan seni komunikasi antara tenaga penjual dengan calon pelanggan.

Pada umumnya perbedaan yang cukup menyolok menurut pendapat saya adalah cara mengukur seorang sales dengan marketer. Dimana tolok ukur seorang penjual adalah TARGET PENJUALAN  yang harus dicapai oleh tenaga penjual. Sedangkan marketer diukur berdasarkan BRAND AWARENESS dan beberapa target lainnya yang umumnya berhubungan dengan persepsi pelanggan mengenai produk atau jasa yang dipasarkan.

Jadi kesimpulan supaya anda semua tidak bingung saya padatkan menjadi satu kalimat (sekali lagi kesimpulan ini merupakan opini saya).

Marketing merupakan aktifitas untuk men-create demand dan Selling merupakan aktifitas untuk meng-fulfill the demand yang telah diciptakan’.

Karena itu perlu digabungkan antara apa yang dilakukan oleh Marketing dan Sales sehingga menjadi aset perusahaan yang berharga. Sehingga keduanya merupakan UJUNG TOMBAK BISNIS bagi semua perusahaan.

Pada dasarnya Marketing dan Selling merupakan 2 hal yang berbeda tapi pada penerapan dilapangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya karena selling merupakan part of marketing.


 sumber :


Komentar

Postingan Populer