"PEMASARAN VS PENJUALAN"
PEMASARAN VS
PENJUALAN (MARKETING VS SELLING)
Dalam dunia bisnis sekarang terutama di Indonesia banyak
sekali terjadi kerancuan antara marketing dan selling. Yang mana salah satu
penyebab hal tersebut karena banyaknya persepsi negatif atas tenaga penjual
yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan perusahaan – perusahaan pada waktu
mencari tenaga penjual mengalami kesulitan sehingga mereka menggunakan istilah
lainnya seperti account manager, executive manager atau nama lainnya yang menyebabkan
kerancuan semakin besar.
Sepintas mungkin tidak ada perbedaan yang berarti antara
tenaga pemasaran dan tenaga penjualan atau bahasa jawa-nya Marketing dan
Sales. Karena itu saya mencoba membagikan pengalaman saya mengenai hal
ini dan semoga anda semua semakin jelas mengenai perbedaan antara Pemasaran dan
Penjualan.
Berdasarkan berbagai sumber plus pengertian saya maka
pemasaran adalah aktifitas memasarkan sebuah produk ataupun jasa sehingga
produk / jasa tersebut dikenal oleh pasar. Yang mana aktifitas tersebut
melingkupi 7P .
Sedangkan penjualan merupakan aktifitas penjualan yang
dilakukan dimana aktifitas tersebut menglingkupi teknik, taktik, seni hubungan
dan seni komunikasi antara tenaga penjual dengan calon pelanggan.
Pada umumnya perbedaan yang cukup menyolok menurut pendapat
saya adalah cara mengukur seorang sales dengan marketer. Dimana tolok ukur
seorang penjual adalah TARGET PENJUALAN yang harus dicapai oleh
tenaga penjual. Sedangkan marketer diukur berdasarkan BRAND AWARENESS dan
beberapa target lainnya yang umumnya berhubungan dengan persepsi pelanggan
mengenai produk atau jasa yang dipasarkan.
Jadi kesimpulan supaya anda semua tidak bingung saya
padatkan menjadi satu kalimat (sekali lagi kesimpulan ini merupakan opini
saya).
‘Marketing merupakan aktifitas untuk men-create
demand dan Selling merupakan aktifitas untuk meng-fulfill
the demand yang telah diciptakan’.
Karena itu perlu digabungkan antara apa yang dilakukan oleh
Marketing dan Sales sehingga menjadi aset perusahaan yang berharga. Sehingga
keduanya merupakan UJUNG TOMBAK BISNIS bagi semua perusahaan.
Pada dasarnya Marketing dan Selling merupakan 2 hal yang
berbeda tapi pada penerapan dilapangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang
lainnya karena selling merupakan part of marketing.
Komentar
Posting Komentar